Kamis, 06 Oktober 2016





Manfaat Bawang Merah untuk kesehatan kulit

Bawang Merah hampir setiap hari bisa kita temui dipasar dan didapur2 setiap rumah yang hoby memasak.Bahan makanan yang berwarna merah & ketika diiris atau dikupas suka bikin pedih dimata,ternya punya berbagai keunggulan & manfaat banyak dibanding sayuran lainnya.Bawang merah merupakan tanaman berumbi lapis berwarna keungu-unguan, yang memiliki nama latin Allium Cepa L. Bawang merah pada umumnya memiliki bau yang khas yang tajam. Manfaat Bawang Merah sangat beragam, seperti untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan wanita. Untuk itu mari mengenal lebih dekat manfaat dari bumbu dapur yang sangat akrab dengan wanita Indonesia ini.

Secara umum bawang merah dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata, di balik pengolahannya yang sederhana, bawang merah memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh. Hal ini karena bawang merah memiliki senyawa positif seperti sikloaliin, metialiin, dihidroaliin, saponin, kuersetin, peptida, fitohormon, senyawa flavonoid, berbagai macam vitamin dan zat pati serta minyak atsiri. Bawang merah juga memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri.


Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan mungkin belum banyak kita sadari, karena selama ini kita hanya menyimpannya di dapur. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari bawang merah, berikut adalah beberapa di antaranya.

Mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol, karena bawang merah memiliki zat kuersetin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.
Mengatasi susah BAB. Kandungan serat dalam bawang merah memiliki fungsi yang dapat membantu toksin maupun zat makanan yang sulit dicerna dan dikeluarkan usus.
Mengurangi resiko diabetes. Mengkonsumsi bawang merah mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin.
Mengencerkan dahak. Kandungan saponin dalam bawang merah dipercaya efektif untuk mengencerkan dahak.
Mencegah kanker. Ternyata bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker. Serta masih banyak lagi manfaat bawang merah dalam segi kesehatan.

Selain pada orang dewasa, ternyata ada juga manfaat bawang merah untuk bayi. Di antaranya adalah untuk menurunkan demam. Parutan bawang merah yang dipadukan dengan minyak telon dapat menurunkan demam. Manfaat berikutnya adalah mengatasi perut kembung dengan mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan pada perut bayi, melancarkan sirkulasi darah pada tubuh bayi, meningkatkan kekebalan tubuh bayi, karena kandungan minyak atsirinya bawang merah memiliki fungsi antiseptik dan antibakteri, dan mengatasi batuk, pilek dan cacingan pada bayi.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan

Manfaat dari bawang merah memang sangat beragam, selain untuk kesehatan bawang merah juga bermanfaat dalam hal kecantikan. Berikut adalah Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan secara  alami dan bebas efek samping:

Mencegah penuaan dini. Zat antioksidan dalam bawang merah mampu melawan efek buruk dari sinar UV pada kulit.
Mencegah dan mengobati jerawat, karena bawang merah memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan, bawang merah dapat membantu menghentikan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.
Mencerahkan wajah. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam bawang merah memelihara kecantikan kulit dan vitamin C-nya mencerahkan warna kulit.
Mengatasi flek hitam. Manfaat bawang merah untuk wajah selain untuk mencerahkan juga dapat mengobati flek hitam dan pigmentasi di kulit wajah.

Sebenarnya jika dikupas lebih jauh masih sangat banyak Manfaat Bawang Merah dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Bawang merah adalah warisan tanah leluhur yang merupakan bumbu sederhana dengan segudang manfaat

      Demikianlah ulasan tentang khasiat bawang merah untuk kesehatan kulit , silahkan dipraktekan dengan benar & takaran yang agar dapat hasil yang maksimal,silahkan kunjungi artikel kami yang  lain dibawah ini.silahkan dibagikan sama teman-teman.



Khasiat Bawang Merah | cara menghaluskan kulit dengan bawang merah | hangatkan badan dengan bawang merah